Gubernur Sumsel Dukung Ekspedisi Alfedya ke Kilimanjaro

Gubernur Sumsel Dukung Ekspedisi Alfedya ke Kilimanjaro

Audiensi bersama para atlet ekspedisi dengan Asisten 1 Gubernur Sumsel beserta Staf – staf dinas Kota Palembang di Kantor Gubernur Sumatera Selatan. FitrahFoto: Habib Dr

LPMFITRAH.COM — Memang merupakan sebuah impian bagi setiap pendaki untuk dapat menaklukan gunung tertinggi dan pastinya Gunung Kilimanjaro menjadi salah satunya.

Itulah yang saat ini Mapala Alfedya lakukan setelah merayakan Iebaran Idul Fitri bersama keluarga, kegiatan itu adalah Ekspedisi ke Gunung Kilimanjaro di Timur Laut Tanzania.

Gunung Kilimanjaro merupakan gunung tertinggi di dunia yang berdiri bebas dan merupakan gunung tertinggi di Afrika. Ketinggiannya mencapai 5.895 meter yang berarti memiliki selisih hingga 1.000 meter lebih dari Puncak Jaya yang merupakan gunung tertinggi yang dimiliki Indonesia.

Ketua Pelaksana Ekspedisi Kilimanjaro Fetricko Ricky Pratama menjelaskan, ekspedisi yang akan dilakukan pada tanggal 6 sampai dengan 26 Agustus 2019 mendatang merupakan ajang promosi kebudayaan Kain Songket khas kebudayaan Sumatera Selatan.

“Perjalanan ekspedisi ke puncak tertinggi di dunia ini merupakan yang ketiga, setelah ke Cartenz Pyramid, Papua tahun 2016 dan puncak tertinggi di Eropa Elbrus, Rusia 2018,” jelasnya saat diwawancarai Reporter LPM Fitrah UMP, Kamis (13/6/2019).

Ia juga menjelaskan, tak hanya promosi kain songket ciri khas kebudayaan Sumsel, nantinya tepat pada tanggal 17 Agustus tim ekspedisi akan melaksanakan pengibaran sang saka merah putih di puncak tertinggi Kilimanjaro. Karena bertepatan dengan ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun.

“Semoga ekspedisi yang akan dilaksanakan ini dapat menbangkitkan pemuda-pemuda lain khususnya pemuda sriwijaya,” tungkasnya dengan semangat.

Lebih lanjut Ricky mengatakan, sebelum berangkat ke puncak tertinggi di timur laut tanzania, mereka mempersiapkan fisik dan mental tak sampai disitu pendanaan pun jadi hal penting dengan mengajukan beberapa proposal ke beberapa istansi yang berada di kota Palembang. Satu diantaranya ialah kantor Gubernur Sumatera Selatan.

H. Ahmad Najib selaku Asisten 1 Gubernur Sumatera Selatan menuturkan, kami sangat mendukung sekali apa yang adik-adik Mapala Alfedya dari Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) mengenai kegiatan tersebut yang merupakan kegiatan positif dan medukung serius dalam arti kongkret.

“Nanti soal keuangan dan perihal mengenai kegiatan akan dibantu oleh dinas-dinas dan pihak lainnya untuk bisa melancarkan ekspedisi tersebut,” jelasnya.

Reporter : Habib Dhia Rabbani
Editor : Tria Millenian