LPMFITRAH. COM – Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) mengadakan Kuliah Umum Neurosain Pendidikan Islam dengan tema “Pengembangan Keterampilan Berpikir 6C dalam Pendidikan Islam Abad ke-21” yang diselenggarakan di Aula K.H. Faqih Usman UMP, Kamis (30/11/2023).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dr. Antoni, M.H.I. selaku Wakil Rektor (WR) IV dan dihadiri oleh Dekan FAI Dr. Purmansyah Ariadi S.Ag.M.Hum, Dosen dan Mahasiswa/i FAI UMP, serta Mahasiswa/i Pertukaran Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB).

Dr. Antoni, M.H.I. dalam sambutannya mengatakan, kuliah umum Neurosain Pendidikan Islam ini khususnya di lingkungan FAI oleh karena itu kita akan memperoleh pengetahuan dengan diadakannya kuliah umum.

“Saya harap mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah dapat lebih religius lagi,” ucapnya.

Prof. Dr. Suyadi, M.pd.I. selaku
Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah menjelaskan Neurosain Pendidikan Islam (NPI) membumikan risalah Islam berkemajuan NPI sejalan dengan menghidupkan ijtihad dan tajdid, NPI juga sejalan dengan Manhaj Islam berkemajuan yang menggunakan pendekatan bayani burhani dan Irfani serta memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi NPI juga mengadaptasi pendekatan interdisiplin multidisiplin dan transdisiplin.

“Perintah berpikir dalam Al-Qur’an serius memerintahkan manusia supaya berpikir dengan menggunakan lafaz-lafaz seperti tafakur nazar tabasyur tadabbur tafakur tadakur ta’aqur dan tawassum,” ujarnya.

Novia Olin Fimala Mahasiswi Pertukaran UMB mengatakan, kuliah umum ini memberikan kesempatan luar biasa untuk mengeksplorasi perkembangan terbaru dalam penelitian neurosain dan memahami aplikasi praktisnya.

“Kuliah umum hari ini sangat menarik, pemateri sangat jelas dan detail dalam menyampaikan materi,” tutupnya.

Reporter : Jossi, Robiatun
Editor : Annisa Aryuni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *