Pentas Seni Budaya Rakernas IX JKPI Palembang Tahun 2022, Jum’at (4/11/2022)
Fitrah Foto: Annisa Mutiara

LPMFITRAH.COM_Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IX Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) tahun 2022 digelar dikota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) kegiatan ini berlangsung dari tanggal 2 hingga 5 November 2022, bertempat di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang. Acara ini diikuti oleh para peserta Bazar dan Pameran yang mewakili dari 73 Kabupaten/Kota se-Indonesia, Jum’at (04/11/2022).

Kasma salah seorang peserta pamera yang merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menerangkan Rakernas IX JKPI 2022 digelar membentang di halaman Museum Sultan Mahmud Badaruddin SMB (II) Palembang. Terdapat 68 tenant Bazar dan Pameran JKPI yang diikuti oleh berbagai UMKM dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya kerajinan miliknya yaitu dari Kota Langsa Provinsi Aceh yang menjual berbagai jenis barang produksi khas dari kota tersebut diantaranya Sirup Buah Manggrove, Terasi, Tauco, Kain Pucuk Rebung, Kain Tenun Batik, Tas dan Kipas.

“Ada dua jenis kain yang diproduksi, yaitu kain tenun batik dan kain pucuk rebung. Pembuatan masing-masing kain tersebut sesuai dengan tingkat kesulitan, mulai dari 3 hari sampai 1 minggu. Kain-kain tersebut memiliki motif yang beraneka ragam dan tentunya motif khas dari kota Langsa, Aceh. Kain pucuk rebung merupakan kain dengan motif pucuk rebung khas Langsa, motif tersebut dibuat dengan teknik bordir dan dijual dengan harga 400-450 ribu rupiah”, terang Kasma.

Salah satu pengunjung bernama Aisyah sangat antusias dengan adanya acara ini, ia mengungkapkan terdapat Pentas Seni dan Budaya serta Permainan Tradisional yang menampilkan berbagai Seni Tarian dan budaya dari masing-masing daerah di indonesia, terdapat juga permainan tradisional seperti Gasing dan Balogo, pertunjukan budaya seperti Wayang Kulit dan juga Dul Muluk. Menurutnya acara ini sangat istimewa karena tidak hanya dihadiri oleh para peserta Pentas Seni dan Budaya, acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati dari masing-masing daerah.

“Acara ini sangat bagus, karena selain dihadiri oleh seluruh perwakilan dari berbagai daerah, disini juga memperkenalkan berbagai jenis kesenian dan budaya dari daerah masing-masing. Acara ini juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk mempromosikan dan memajukan UMKM dari berbagai daerah. Dan dapat menjadi tempat bagi para perantau untuk menghilangkan rasa rindu terhadap kampung halaman”, Pungkas Aisyah.

Selain itu terdapat pula bazar kuliner, terdapat berbagai makanan khas dari beberapa daerah seperti Pempek, Batagor, Bakso Malang, Ayam Geprek dan lain sebagainya. Acara tersebut dimulai dari jam 10.00 pagi hingga jam 20.30 malam. Penutupan Rakernas IX JKPI Palembang tahun 2022 akan diisi dengan berbagai Pentas Seni yang menarik sebagai penutup acara tersebut.

Laporan : Annisa Mutiara

Editor : Nawang Sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *