Pemateri saat Mengevaluasi Hasil Tulisan Berita dari Peserta PJTD
Fitrah Foto: Reven Ivanka

Pelatihan Jurnalistik Tigkat Dasar (PJTD) Angkatan Ke-XXVII telah diadakan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Fitrah Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), kegiatan tersebut dilaksanakan selam 3 hari yaitu dari tanggal 20 hingga 22 Oktober 2022 lalu, Senin (24/10/2022)

Kegiatan ini menyajikan materi-materi jurnalistik, diantaranya yaitu materi tentang kepenulisan yang di mentori oleh Nefri Inge selaku salah seorang jurnalis Liputan 6.

Adapun beberapa macam topik yang disampaikan yaitu, Hard news, Soft news, Indept report, Investigation report, dan Feature/ficer serta beberapa topik lainnya.

Dalam materi yang disampaikan, bahwa dalam peliputan berita tidak boleh mempublikasikan nama korban atau narasumber dibawah umur, beserta alamat jelas nama keluarga dan apapun yang mengarah terhadap privasi korban, Jum’at (21/10/2022)

“Jangan menggunakan kata-kata yang sadis,”ujarnya.

Salah seorang peserta PJTD Astri mengatakan, dalam penyampaikan materi sangat jelas dan mudah dipahami, seperti dalam pembuatan berita itu harus sesuai dengan strukturnya.

“Semoga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat dan semoga setelah mengikuti PJTD ini dapat lulus ditahap selanjutnya”, jelasnya.

Selanjutnya, Icha Sagihta juga mengatakan dengan kegiatan PJTD ini, sangat membantu dan dapat menambah pengetahuan baru tentang bagaimana cara penulisan yang baik dan benar, bahkan juga dapat mempelajari Public Speaking di depan orang banyak, Senin (24/10/2022).

“Harapan saya, semog saya dapat menjadi penulis dan wartawan seperti kak Inge.” Tutupnya.

Laporan : Oki Nisa

Editor : Sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *