Prof.Dr. Indawan Syahri ,M.Pd. saat diwawancarai reporter LPM Fitrah UMP, Jumat (14/12/2018) FitrahFoto : Anjas

LPMFITRAH.COM — Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) meraih Akreditasi dengan peringkat A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) BAN-PT Nomor 3311/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2018. Sertifikat akreditasi tersebut berlaku 5 tahun. Dihitung dari tanggal 12 Desember 2018 -12 Desember 2023.

Wakil Rektor I UMP Prof. Dr. Indawan, M.Pd. mengatakan, perolehan akreditasi prodi pendidikan sejarah dengan peringkat A tersebut tentu membahagiakan, akan tetapi dibalik dari prestasi itu beban pimpinan dan prodi sejarah menjadi lebih berat untuk mempertahankan kinerja akademik maupun non akademik termasuk prestasi-prestasi mahasiswa dibidang esktrakurikuler.

Lebih lanjut Prof. Dr. Indawan, M.Pd. menambahkan, setelah mendapatkan akreditasi A kita harus menjaga kinerja tersebut.

Alhamdulillah prodi sejarah sudah memulai kinerja dengan akreditasi A. Semoga hal ini dapat memotivasi prodi lain sehingga memperoleh akreditasi A juga,” harapnya saat diwawancarai reporter LPM Fitrah UMP, Jumat (14/12/2018)

Lebih lanjut Indawan menuturkan, Banyak proses yang telah dilakukan Prodi Sejarah untuk untuk meraih akreditasi A tersebut. Secara administratif mereka mengisi borang dan menyiapkan dokumen-dokumen yang banyak untuk dilakukan penilaian BAN-PT. Persiapan tersebut dilakukan dari pimpinan universitas, pimpinan fakultas, program studi, tenaga kependidikan dan mahasiswa.

“Setelah mendapatkan akreditasi A tentu menjadi promosi kita kepada masyarakat bahwa akreditasi A tersebut mudah-mudahan masyarakat lebih mempercayai sehingga secara langsung berdampak kepada masyarakat karena masyarakat menilai prodi dan universitas dari akreditasinya,” tambahnya.

Aisyah selaku Mahasiswa FKIP Prodi Sejarah semester 7 yang mewakili hadir dalam pengesahan Akreditasi A dari BAN-PT mengatakan, sangat gembira sekali dan sekaligus tidak disangka untuk pertama kalinya di FKIP UMP prodi pendidikan sejarah yang orangnya hanya minoritas bisa mendapatkan akreditasi A. Sungguh luar biasa bahkan dapat mengalahkan universitas lain dan jujur universitas lain ikut bangga.

“Sebagai mahasiswa yang dapat dilakukan untuk mempertahankan akreditasi tersebut dengan cara tingkatkan potensi dari mahasiswa itu sendiri dan tergantung dari sumber daya kita maupun organisasinya terutama Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah (HMPS) semakin lebih bergerak lagi, aktif dan kompak,” tuturnya.


Reporter : Tria Millenia
Editor : Rika Oktarina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *