Foto Bersama Wiki Gambut Sumsel dengan Peserta dan panitia.
Fitrah Foto: lpmfitah_ump

LPMFITARAH.COM- Wiki Gambut Sumatera Selatan (Sumsel) berkolaborasi bersama World Agroforestry, Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) dan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Fitrah UMP adakan kegiatan Wiki Gambut Sumsel Goes to Campus dengan mengusung tema “Gerakan Milenial dalam Upaya Pertanian Berkelanjutan di Lahan Gambut “, Jumat (30/9/2022).

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi dimana pada sesi pertama pemaparan materi dengan mengundang 3 pemateri yang mengenalkan permasalahan lahan gambut dan lahan pertanian. Sedangkan sesi kedua diisi dengan pelatihan penulisan artikel di laman Web Wiki Gambut, yang di ikuti oleh berbagai mahasiswa Pertanian dari beberapa Universitas, beberapa LPM se-Sumsel, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) UMP, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UMP.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III UMP, Dr. Ir. Muchtaruddin Muchsiri M.P., menyampaikan bahwa salah satu lahan gambut terbesar di Indonesia salah satunya yakni di Sumsel. Fokus kegiatan ini yaitu lahan pertanian yang berkelanjutan nantinya. Dalam artian konkrit, menekankan petani untuk mandiri dan jangan sampai bertabrakan dengan peraturan yang ada.Tambahnya, seminar ini merupakan sebuah informasi yang memberikan wawasan tentang pertanian, dimana seminar ini memiliki dampak bagus untuk mahasiswa UMP terutama bagi mahasiswa Pertanian.

“Kami bahkan sangat mengapresiasi baik kegiatan ini,” Ujarnya.

Penyampaian sambutan ICRAF Sumsel oleh David Susanto, dijelaskan bahwa ada dua pekerjaan yang di geluti oleh ICRAF Sumsel, salah satunya yaitu tentang dokumen gambut sebagai pelindungan ekosistem gambut Sumsel, bagaimana ekosistem gambut itu bisa berjalan dengan baik. Disisi lain kerjasama ICRAF dengan Wiki Gambut adalah untuk mengetahui bagaimana pemberitaan tentang gambut di Sumsel itu sangat di butuhkan sebagai referensi terkait gambut itu sendiri seperti apa.”Bagian ini merupakan istilah yang dapat di pahami dan di jadikan referensi untuk di pelajari,” jelasnya.

Kemudian ketua Wiki Gambut M. Dwiki Wahyu A.S. mengungkapkan kegiatan ini sudah di laksanakan di tiga tempat salah satu nya yakni, Universitas Global Mandiri Palembang, kemudian di Universitas Sriwijaya. Dengan adanya kegiatan ini ia berharap bisa saling bertukar pikiran atau berdiskusi tentang lahan gambut dan pertanian.

“Semoga kegiatan ini mendapatkan berkah dari Allah, dan semoga kegiatan ini banyak manfaat nya untuk kita pribadi dan untuk teman-teman lainnya,” Ungkapny

Kegiatan Peserta saat mengikuti Program Penulisan Artikel di Laman Web Wiki Gambut.
Fitrah Foto: lpmfitrah_ump.

Salah satu Peserta, Dandi siswanto yang berasal dari Mapala HIAWATA UMP menanggapi, selama mengikuti seminar kegiatan berlangsung lumayan bagus, dengan adanya kegiatan ini dapat memperoleh pengetahuan tentang lahan Gambut.”Harapan saya kedepan nya supaya lahan gambut di Indonesia ini tidak di buat untuk infrastruktur tapi untuk pertanian,” Pungkasnya.

Laporan: Oki Indriyani

Editor : Nawang Sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *