Para Anggota Tetap (AT) yang baru saja dilantik bersama jajaran pengurus organisasi dan anggota Daerah Operasi II Pangkalan Balai Banyuasin Sumsel, usai menjalani pendidikan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Fitrah Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) di Markas Daerah Operasi II Manggala Agni Pangkalan Balai Kabupateb Banyuasin

 

LPMFITRAH.COM--Angkatan Dasa Manggala Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Fitrah Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) tak hanya dibekali jurnalistik pada kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Tingkat (Diklat) II untuk menjadi Anggota Tetap.

Angkatan Dasa Manggala(ADM) merupakan angkatan ke-23 yang dilantik Anggota Tetap (AT) usai mengikuti Diklat II yang digelar selama 4 hari mulai dari Kamis 29 April – 1 April 2018.

ADM terdiri dari 10 orang yaitu : 1. M. Ardiansyah 2. Adi Krisdianto 3. Agus Rajenang 4. M. Imam Parmari 5. Tania Aliya Sari 6. Sakeena Ihramia 7. Pipi Jaswanti 8. Putri Rizki 9. Vidia Sulasningsih 10.Afni Safitriani

Materi yang diberikan berupa pembekalan, teknik beretika dalam bersosial-masyarakat, serta penguatan mentalitas per-individu yang dibungkus dengan kedisiplinan yang cukup tinggi.

Organisasi Mahasiswa sejenis LPM Fitrah ini sebenarnya sangat penting untuk diikuti oleh mahasiswa.

Sebab di dalamnya tidak hanya melulu masalah jurnalistik dan bagaimana menjadi seorang pewarta, namun juga tentang soft-skill dan bagaimana mendapatkan kemampuan dan keahlian di luar ilmu akademik kampus.

Mulai dari bagaimana bertata-krama, teknik mendapatkan informasi sampai dengan mengubah mindset ke arah yang positif.

Memang di sisi lain, mereka juga memiliki kewajiban untuk mengembangkan organisasi tersebut ke arah jurnalistik seperti bagaimana memproduksi terbitan majalah dan tabloid, berita online hingga membuat video jurnalistik.

“Mereka yang lulus dari kampus dan otomatis menjadi alumni LPM, dapat bersaing baik di bidang jurnalistik maupun bidang lain. Seperti keuangan, perbankan hingga Aparatur Sipil Negara (ASN) karena teruji baik etika maupun mental dan soft-skill yang lain,” Ujar Handoyo selaku Pemimpin Umum LPM Fitrah UMP.

Selama Pendidikan berlangsung mereka tak hanya diberi materi kejurnalistikan salain itu juga mendapatkan ilmu keorganisasian

Pada hari ketiga mereka juga medapat kesempatan materi tambahan tentang upaya pencegahan akan bahaya kebakaran lahan dan hutan  dari Adi Nopriansyah Kepala Manggala Agni Daerah Operasi (Daop) II Kementrian Lingkungan Hidup (KLHK) Kabupaten Banyuasin.

Adi Nopriansyah Kepala Manggala Agni Daop II KLHK Kabupaten Banyuasin melalui Haniman Eko Suprayogi Koordinator Pencegahan dan Deteksi Dini Kahutla mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan oleh LPM FITRAH UMP sangatlah baik sekali kami juga sedikit banyak dapat mengedukasi tentang upaya pencegahan akan bahaya kebakaran lahan dan hutan kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang. Semoga materi yang diberikan ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dan dapat mengedukasi orang disekeitar dan masyaraakat lainnya.

“Melalui edukasi pencegahan sejak dini, baik pelajar dan juga mahasiswa memang sangatlah efektif dan mudah-mudahan tahun ini tidak ada kebaran lahan dan hutan di wilayah Sumsel” katanya

 

Reporter : Rika Oktarina

Editor : Ikral Sawabi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *