Perkembangan teknologi yang sangat pesat, tidak heran jika kegiatan membaca buku sedikit terabaikan. Pasalnya orang-orang lebih sering memainkan handphonenya dibandingkan memegang buku.

Membaca buku adalah kegiatan yang sangat bermanfaat, bukan hanya sebagai hiburan tetapi banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari kegiatan membaca buku.

Berikut manfaat baca buku yang dilansir dari alodokter.com pada Selasa (11/6/2024).

  1. Menguatkan dan menjaga kesehatan otak

Membaca bagaikan olahraga untuk otak. Dengan membaca, Anda bisa mendalami karakter dan membayangkan beragam kondisi atau situasi. Hal ini merupakan salah satu tantangan yang baik untuk kesehatan otak.

Penelitian juga menunjukkan bahwa membaca melibatkan jaringan dan sinyal yang kompleks di otak. Semakin sering membaca, jaringan dan sinyal ini pun akan menjadi lebih kuat.

  1. Meningkatkan rasa empati

Penelitian menunjukkan bahwa salah satu manfaat membaca adalah mampu membantu pembaca memahami perasaan orang lain. Hal ini karena banyak bacaan, terutama cerita fiksi, yang mengeksplorasi kehidupan karakternya.

Memahami perasaan orang lain atau berempati ini merupakan keterampilan yang penting untuk membangun dan memelihara hubungan sosial.

  1. Memperkuat memori

Membaca buku juga bermanfaat untuk memperkuat memori atau daya ingat seseorang. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan membaca buku dapat mencegah gejala pikun pada pasien demensia dan penyakit Alzheimer.

Manfaat membaca ini diperoleh dari efek melatih otak untuk lebih fokus atau memusatkan perhatian ketika Anda membaca buku. Hal inilah yang diduga menjadi alasan kenapa membaca buku bermanfaat untuk melatih memori.

  1. Memberikan inspirasi dan motivasi

Selain menjadi hobi, membaca juga bisa menjadi media untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi. Manfaat membaca satu ini diperoleh dari banyaknya jenis bacaan yang mengangkat cerita tentang pengalaman dan perjalanan hidup seseorang dalam meraih kesuksesan.

  1. Memperbaiki kesehatan mental

Membaca buku fiksi dapat menjadi wadah pelarian positif dari stres dan masalah kehidupan dewasa. Pasalnya, buku-buku ini menawarkan dunia yang berbeda di mana aturan-aturan dunia nyata sering tidak berlaku. Aktivitas ini kemudian membuat Anda merasakan kebebasan berimajinasi dan melupakan masalah di kehidupan nyata untuk sementara waktu.

Selain itu, membaca buku juga dapat mengurangi risiko Anda mengalami depresi dan gangguan kesehatam mental lainnya.

Itulah manfaat dari membaca buku, tidak ada kata terlambat untuk membaca. Jadi luangkanlah waktu anda untuk hal yang bermanfaat seperti membaca buku, karena banyak sekali manfaat yang didapat dari membaca buku

Reporter: Dian
Editor : Dian Winata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *