LPMFITRAH.COM — Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Fitrah Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang bertemakan“Membangun Semangat Literasi Melalui Jurnalistik”, Kamis (24/10/2024).

Kegiatan ini bertempat di Ruang Kelas Lantai 7 K.H Faqih Usman dan akan dilaksanakan selama tiga hari, dimulai dari tanggal 24-26 Oktober 2024.

Materi-materi yang akan disampaikan dalam pelatihan ini, meliputi:

  • Kode Etik Jurnalistik
  • PUEBI
  • Jurnalistik Kepenulisan
  • Jurnalistik Fotografi
  • Jurnalistik Videografi
  • Desain Grafis
  • Reportase

Wakil Rektor IV UMP Dr. Suroso PR, S.Ag., M.Pd.I dalam sambutannya turut merasa bangga dan bahagia atas terlaksananya Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang diadakan oleh LPM Fitrah UMP.

“Saya bangga dan senang karena LPM Fitrah UMP dapat melakukan pelatihan ini. Ini kegiatan yang positif, selain kegiatan belajar mengajar di bangku kuliah, kalian bisa mengembangkan pemikiran ataupun ide-ide dalam rangka menyampaikan sesuatu atau aspirasi mahasiswa kepada pihak UMP atau masyarakat,”ungkapnya.

Ketua Pelaksana yang dalam hal ini diwakili oleh Robiatun Adawiyah menjelaskan dalam laporannya bahwa peserta pada kegiatan ini tidak hanya berasal dari UMP, tetapi juga diikuti mahasiswa dari Universitas lain.

“Kegiatan ini dilaksanakan pada kamis 24 Oktober sampai 26 Oktober 2024, adapun peserta PJTD ini diikuti oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang dan umum,”tuturnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pemateri yang mengisi pelatihan ini berasal dari berbagai media, hingga diharapkan para peserta dapat menambah wawasan jurnalistiknya.

“Kami juga mendatangkan pemateri dari berbagai media dan semoga acara ini dapat menambah wawasan, ilmu yang bermanfaat melalui jurnalistik,”ujarnya.

Muhammad Ilham Maulana selaku Pemimpin Umum LPM Fitrah UMP dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh tamu undangan dan para peserta yang telah menghadiri kegiatan PJTD ini.

“Saya mengucapkan terima kasih sudah hadir kepada tamu undangan dan peserta. Saya berharap peserta pelatihan semuanya bisa memahami apa itu berita dan jurnalis. Kita akan datangkan pemateri yang cukup terkenal dari media-media yang ada di Palembang,”tutupnya.

Reporter: Maharani Putri Islami
Editor: Dian Winata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *