Dr. Herman Seri, M.Pd. saat menyampaikan materi kepribadian seorang pemimpin dalam acara LKMTD FKIP, Minggu (5/8/18) FitrahFoto : Rika

 

LPMFITRAH.COM— Menjadi seorang pemimpin harus memiliki kepribadian yang baik seperti Rendah diri, cerdas, ramah dan kepribadian tersebut menggambarkan keseluruhan karakteristik individu baik fisik maupun psikis yang dapat membedakannya dengan yang lain.

Hal itu diungkapkan Dr.Herman Seri, M.Pd. Wakil Dekan III FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) sebagai pemateri dalam acara Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMTD), Minggu (5/8/18).

Lebih lanjut ia mengatakan, Ada 6 Kepribadian yang harus dimiliki seorang Pemimpin. Pertama, seorang pemimpin harus rendah hati dan sederhana. Kedua, suka menolong sesama. Ketiga, Sabar dan memiliki kestabilan emosi.

“Pemimpin itu pasti akan menghadapi berbagai macam masalah maka harus sabar dan cepat mengambil keputusan dalam menghadapi masalah tersebut,” ujarnya

Tambahnya, kepribadian yang keempat ialah percaya kepada dirinya sendiri, baik dalam mengambil keputusan maupun menentukan setiap hal menyangkut organisasi.

Kepribadian yang kelima ialah jujur, adil dan dapat dipercaya serta yang terakhir atau keenam adalah memiliki keahlian terhadap jabatan yang telah diamanahkan kepada seorang pemimpin.

“Jangan sampai kita menjadi pemimpin yang tidak dapat dapat dipercaya dan tidak memiliki kemampuan dengan jabatan yang dipegang, baik kemampuan memimpin maupun kemampuan sesuai dengan organisasi atau lembaga yang dipegang,” jelasnya.

Herman juga mengatakan, selain memiliki kepribadian yang baik seperti hal-hal yang telah dikatakan tadi, seorang pemimpin juga perlu memiliki motivasi yang tinggi untuk dirinya serta anggotanya. Dengan demikian, bisa mencapai tujuan yang telah direncanakan.

“Seorang pemimpin itu harus memiliki motivasi tinggi untuk dirinya, agar dapat memberi motivasi bagi anggota,” ujarnya. (Orn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *