Drs.Ruskam Suaidi, M.H.I., saat memberikan kultum pada salat tarawih malam pertama di Masjid Al-Hikmah UMP, Rabu (16/5/18) FitrahFoto : IkraL

 

LPMFITRAH.COM – Salat tarawih yang dilaksanakan pada malam ini, Rabu (16/5/18) merupakan tanda masuknya bulan suci Ramadhan sebagai langkah awal untuk menjalankan rukun Islam ketiga yaitu puasa di bulan Ramadhan.

Wakil Rektor IV Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) Drs. Ruskam Suaidi, M.H.I., memberikan kultum pada hari pertama salat tarawih di Masjid Al-Hikmah UMP.

Dalam kultumnya tersebut beliau berpesan kepada jamaah salat tarawih agar menguatkan dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, supaya tidak bercerai-berai dan terpecah-belah apalagi terprovokasi oleh orang-orang yang ingin memecah umat Islam.

Hal tersebut beliau sampaikan karena belakangan ini kerap terjadi aksi teror di beberapa wilayah Indonesia oleh kelompok radikalisme yang para pelakunya mengatasnamakan umat Islam.

“Di luar sana ada orang mengatakan muslim yang sebenarnya adalah muslim yang melakukan
kegiatan teror,” tuturnya.

Beliau menegaskan bahwa Islam yang sebenarnya bukanlah seperti itu. Islam itu adalah agama yang damai, agama yang rahmatan lil alamin yang merupakan agama pembawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta, termasuk hewan, tumbuhan dan jin, apalagi sesama manusia.

“Umat Islam itu saling menjaga serta menjadi penyejuk bagi orang-orang disekitarnya. Kita yakin umat Islam yang sebenarnya tidak akan melakukan hal yang dilarang oleh Allah seperti aksi teror yang terjadi belakangan ini,” tutupnya.

Reporter : IkraL
Editor : Rika Oktarina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *