LPMFITRAH.COM – Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) Angkatan XXVIII yang dilaksanakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Fitrah Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) pada hari ini memberikan pemahaman mendalam mengenai desain grafis yang dilanjutkan dengan pelatihan kepenulisan berita yang praktis, Rabu (25/10/2023).

Kegiatan yang berlangsung ini merupakan hari terakhir dari rangkaian acara PJTD yang dilaksanakan sejak Senin (23/10/2023). Tidak hanya mendapat pembekalan dari para praktisi jurnalistik, peserta yang berasal dari berbagai Universitas juga berkesempatan terjun langsung dalam pembuatan berita.

Masih sama dengan dua hari sebelumnya, hari ketiga PJTD ini menyuguhkan beberapa pemateri seperti Akhmad Syafe’i selaku Senior Graphic Designer at We Are Solstice dan Nefri Inge selaku wartawan Liputan 6.

Dalam pelatihan desain grafis, Akhmad Syafe’i mengatakan bahwa dalam membuat desain grafis, prinsip desain sangatlah penting karena prinsip tersebut dapat memperkuat ide yang ingin disampaikan melalui desain.

“Prinsip desain sangatlah penting untuk kalian pelajari. Karena dengan prinsip tersebut dapat memperkuat ide yang ingin disampaikan melalui desain,” ujarnya.

Peserta PJTD saat melakukan praktek liputan berita.
Fitrah foto : icha

Nefri Inge, selaku pembicara pada pelatihan jurnalistik kepenulisan mengungkapkan bahwa dalam pembuatan suatu berita terkhusus berita kriminal maupun asusila, seorang jurnalis dilarang untuk mempublikasikan kejadian secara detail dalam berita yang akan disajikan dan tetap merahasiakan identitas korban terkait.

“Kita sebagai jurnalis sangat dilarang untuk mempublikasikan kejadian tersebut secara detail dalam berita yang akan disajikan dan merahasiakan identitas korban terkait karena hal tersebut bersifat sensitif,” jelasnya.

Robiatun Adawiyah salah seorang peserta PJTD mahasiswa semester 3 Fakultas Agama Islam (FAI) mengatakan bahwa kegiatan PJTD yang diadakan oleh LPM Fitrah UMP ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang ingin menekuni bidang jurnalistik.

“Bagi saya, Kegiatan ini sangat luar biasa,” ujarnya.

Reporter : Rara
Editor : Annisa Aryuni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *