Mahasiswa KKN gelar sunatan massal, sebanyak 13 anak ikut dalam sunatan masal itu, Minggu (12/2/2023).
Fitrah Foto: Yadhira

LPMFITRAH.COM_Laksanakan program kerja, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan ke 59 Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) gelar sunatan massal gratis yang diikuti sebanyak 13 orang anak dari berbagi desa. Kegiatan ini diselenggarakan di desa Meranjat I Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (OI) Sumatera Selatan (Sumsel) pada, Minggu (12/2/2023).

Sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat, sunatan massal ini diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN, yakni Posko 225, 226, 227, 228. Kegiatan sosial ini dihadiri oleh Kepala Puskesmas Tebing Gerinting, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Meranjat Polsek Indralaya, kepala desa Meranjat I beserta perangkat desa, ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Meranjat I berserta anggota, dan masyarakat OI.

Sunatan massal dilakukan oleh 4 operator yang merupakan dosen Fakultas Kedokteran UMP dan diikuti mahasiswa kedokteran dan mahasiswa fakultas lain sebagai panitia kegiatan dibawah arahan drg. Dientyah Nur Anggina, MPH.

Diketahui kegiatan ini turut mendapat dukungan penuh serta bantuan konsumsi oleh Gubernur Sumsel, Herman Deru. Namun sayangnya, ia tidak dapat menghadiri acara tersebut sehingga mengirimkan karangan bunga untuk memberikan semangat kepada penyelenggara acara serta warga setempat.

Fahrul Hadi selaku kepala desa Meranjat I mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan Sunatan Massal di desa tersebut dan berharap kegiatan ini dapat berkesinambungan pada KKN selanjutnya.

“Masalah Sunatan Massal itu sangat bagus. Kami selaku kepala desa beserta masyarakat mengucapkan ribuan terima kasih atas terlaksananya sunatan massal di desa Meranjat I. Terima kasih program tersebut tentunya sangat bagus, masyarakat merespon dengan sangat baik dan mengharapkan KKN selanjutnya diadakan lagi Sunatan di desa meranjat I”, ujarnya.

Selaku penanggung jawab sunatan massal, dr. Dwi Akbarini mengapresiasi sangat para mahasiswa KKN UM Palembang serta antusias masyarakat terhadap kegiatan yang diselenggarakan.

“Semangat mahasiswa KKN dalam menyiapkan kegiatan tersebut sangat kami apresiasi karena dapat mewujudkan kegiatan yang berjalan lancar, sederhana, tertib dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan tersebut direspon sangat baik oleh masyarakat, perangkat desa meranjat I, puskesmas Tebing Gerinting. Antusias masyarakat terlihat dengan berbondong-bondongnya masyarakat mengajak putranya untuk datang ke balai desa yang telah disiapkan”, pungkasnya.

Ada pula ucapan syukur dan terima kasih oleh M. Dzaky Habiburrahman selaku Koordinator Lapangan atas sukses dan lancarnya kegiatan sunatan massal.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses. Serta banyak terima kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu dalam mensukseskan kegiatan ini”, ucapnya ketika diwawancarai.

Laporan: Yadhira Maghfirah

Editor : Sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *