Kuliah Umum, Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Kuliah Umum,   Memperingati Hari Sumpah  Pemuda
Dra. Nurhayati, M.Pd. saat menjelaskan biografi pemateri.
Fitrah Foto: Anissa Aryuni

LPMFITRAH.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Sejarah mengadakan kuliah umum dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda via Zoom Meeting. Mengusung tema “Membangun Generasi Muda Yang Berkarakter Berdasarkan Nilai Sumpah Pemuda”, Jumat (29/10/2021).

Dr. Hudaidah, M.Pd. sebagai pemateri mengatakan, mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan sumpah pemuda pada tahun 1928, tentang tiga unsur yang disampaikan pada pemuda ini sangat dalam maknanya. Karena, tanpa sebuah tanah air sebuah bangsa itu tidak punya makna.

“Makna yang terkandung dari sumpah pemuda itu sendiri satu nusa satu bangsa,” ujarnya.

Beliau juga menjelaskan agar generasi milenial merasakan perjuangan pemuda dalam memperjuangkan bangsa. Dapat dilakukan dengan cara:

  1. Trisentra sekolah.
  2. Membangun memori kolektif kebangsaan peserta didik.
  3. Organisasi dari materi lingkungan terdekat sampai terjauh peserta didik.

“Hubungan trisentra sekolah berperan besar dalam penanaman nilai-nilai sumpah pemuda, khususnya guru harus mampu mengajak peserta didik merasakan perjuangan pemuda dalam memperjuangkan bangsa,” jelasnya.

Salah seorang peserta kuliah umum Jimmy mengatakan, Ilmu yang didapat dari mengikuti kegiatan kuliah umum ini bahwasanya pemateri sangat menyayangkan sekali sikap pemuda sekarang ini, hal ini dikarenakan bertolak belakang dengan karakter sumpah pemuda.

“Pemuda sekarang sudah tidak menjunjung tinggi nilai adat, tradisional yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, justru cenderung menonjolkan mengikuti bangsa barat,” tutupnya.

Reporter: Annisa Aryuni
Editor: Finessa Oktarisma