Pelaksanaan PK2MB Tingkat Fakultas

Pelaksanaan PK2MB Tingkat Fakultas
Pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MB) tingkat Fakultas, oleh panitia PK2MB Fakultas Ilmu pendidikan dan Keguruan (FKIP) diruang sidang FKIP secara Daring.
Fitrah Foto: Nawang Sari

LPMFITRAH.COM – Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MB) tahun ini kembali diselenggarakan secara Dalam Jaringan (Daring). Semenjak Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) melanda Indonesia seluruh kegiatan di Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) termasuk PK2MB terpaksa dilaksanakan secara Daring. PK2MB ini akan dilaksanakan selama beberapa hari mulai dari tingkat Universitas hingga ke tinggat Fakultas dan Program Studi (Prodi), yang diselenggarakan dari tanggal 14 hingga 16 September 2021.

PK2MB tingkat Fakultas tahun ajaran 2021-2022 dilaksanakan diseluruh Fakultas, tidak terkecuali Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMP, dibuka langsung oleh Dekan FKIP DR. Rusdy A. Siroj, M.Pd., dan diikuti sebanyak 134 mahasiswa baru, terbagi dalam Prodi Biologi sebanyak 26 mahasiswa, Prodi Matematika sebanyak 17 mahasiswa, Prodi Bahasa Inggris sebanyak 25 mahasiswa, Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia sebanyak 36 mahasiswa, Prodi Administrasi Pendidikan sebanyak 21 mahasiswa serta Prodi Pendidikan Sejarah sebanyak 7 mahasiswa.

Wakil Dekan III (WD III) FKIP Drs. Refson, M.Pd. mengatakan, jumlah mahasiswa baru di tahun ajaran 2021 dengan mahasiswa baru tahun ajaran 2020 menurutnya hampir sama hanya saja terdapat perbedaan pada jumlah kuota Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) yang diberikan oleh FKIP.

“Kemarin berjumlah 70 mahasiswa yang menerima KIP-K tapi di tahun ini hanya 43 mahasiswa,” ujarnya saat diwawancarai oleh Reporter LPM Fitrah UMP, Rabu (15/9/2021).

Lebih lanjut ia menerangkan PK2MB FKIP dilaksanakan selama satu hari, tidak ada materi tambahan dan hanya menerangkan mengenai kehidupan kampus seputar FKIP, ia juga menjelaskan mekanisme PK2MB FKIP dibuat Room Zoom Meeting untuk setiap Prodi dan dimonitor oleh Zoom Meeting utama Fakultas.

“Dari setiap Prodi ada waktu khusus sebanyak 1 jam setengah untuk perkenalan yang di laksanakan secara bersamaan,” jelasnya.

Irka Pradita salah seorang mahasiswa baru Prodi Administrasi Pendidikan mengungkapkan, bahwa terdapat beberapa kendala pada saat mengikuti pelaksanaan PK2MB, yaitu suara di Zoom Meeting sering hilang dan kesulitan saat memasang Background di Zoom Meeting.

“Terdapat kendala pada jaringan internet yang menyebabkan suara dari pemateri tidak jelas,” tuturnya.

Reporter: Anissa Fadhilah
Editor: Finessa Oktarisma