FK UMP Mengadakan Vaksinasi Untuk Masyarakat Umum

FK UMP Mengadakan Vaksinasi Untuk Masyarakat Umum
Pemeriksaan tekanan darah, suhu tubuh serta kelengkapan berkas sebelum dilakukannya vaksinasi.
Fitrah Foto: Anissa Aryuni

LPMFITRAH.COM – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) bekerja sama dengan Polrestabes Palembang dan Rumah Sakit (RS) Muhammadiyah Palembang melakukan vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dosis satu yang diperuntukkan seluruh masyarakat umum. Kegiatan ini diadakan di depan gedung FK Kampus B UMP dan dilaksanakan pada tanggal 10-11 September 2021, Jumat (10/09/2021).

Peserta yang mendaftar vaksinasi bisa menentukan jadwal kehadiran dengan mengisi link pendaftaran yang telah dibagikan, dan peserta hanya diperbolehkan memilih satu, dikarenakan jumlah peserta yang terbatas hanya 100 orang per jadwal.

Dalam kegiatan ini diharapkan peserta dapat mengikuti peraturan sebagai berikut:

  1. Datang tepat waktu sesuai jadwal yang tertera.
  2. Membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Kartu Keluarga (KK).
  3. Istirahat yang cukup sehari sebelum pelaksanaan vaksinasi.
  4. Sarapan sebelum pelaksanaan vaksinasi.
  5. Memakai masker.
  6. Menerapkan protokol kesehatan selama di lokasi vaksinasi.

Dr. Rahmi Putri Isnaw selaku vaksinator RS Muhammadiyah Palembang mengatakan, vaksinasi pertama yang digunakan pada kegiatan ini ialah jenis Sinovac Vaccine Doubts dimana keefeektifitasan vaksin ini 63,64% dapat melindungi diri dari COVID-19.

“Setelah disuntikan pencapaian dosis optimal didalam tubuh setelah 28 hari,” jelasnya.

Ina salah seorang peserta yang mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut mengatakan, ia mengetahui informasi kegiatan vaksinasi ini dari temannya, dan menurutnya proses vaksinasi tertata sesuai yang dijadwalkan.

“Ini vaksin saya yang pertama. Rasanya tidak terlalu sakit, namun setelah vaksin ini saya merasakan sedikit mengantuk,” tutupnya.

Reporter: Anissa Aryuni
Editor: Finessa Oktarisma