CA LPM Fitrah UMP Ikuti PJTD Ke XXVI Dimasa Covid-19

CA LPM Fitrah UMP Ikuti PJTD Ke XXVI Dimasa Covid-19
Peserta PJTD Online. Fitrah Foto: Anjasdn

LPMFITRAH.COM – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Fitrah Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) mengelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD). Mengusung tema “Digitalisasi Multimedia, Transformasi Media di Era Pandemi” diikuti sebanyak 45 peserta, diantaranya 30 laki-laki dan 15 perempuan.

Acara yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting itu berlangsung pada, Kamis (24/6/2021).

Seperti biasanya 8 materi telah dipersiapkan untuk bekal ilmu dasar bagi Calon Anggota (CA) untuk menuju tahap selanjutnya. Adapun materi yang akan disampaikan yakni:

  1. Ilmu keorganisasian (Dr. Ir. Mukhtaruddin Muchsiri, M.P.)
  2. Pengenalan LPM (Anwar Sadad, S.H.)
  3. Jurnalistik Kepenulisan (Gus munir)
  4. Kejurnalistikan dan Kode Etik Pers (Prawira Maulana)
  5. PUEBI (Supriatini, S. Pd., M. Pd.)
  6. Jurnalistik Fotografi (Alhadi Farid, S.E.)
  7. Jurnalistik Videografi (Nur Muhammad)
  8. Desain Grafis (Ikral Sawabi, S.E.)

Dr. Ir. Mukhtaruddin Muchsiri, M.P. Wakil Rektor lll mengatakan, kegiatan yang dilakukan secara virtual memang sangat terbatas dalam kreatifitas serta ekspresi kita dalam berkegiatan, apalagi kegiatan khusus yang bersifat praktek.

“Saya sangat menghargai kesabaran dan keikhlasan LPM Fitrah yang tetap menerima dan tetap berkiprah merealisasikan programnya meskipun dalam keadaan pandemi covid-19“.

Ini adalah kontribusi untuk kita semua khususnya LPM Fitrah didalam kita mematuhi protokol kesehatan.

“Semoga kegiatan PJTD ini mencapai maksud dan tujuannya. Transfer knowledge dari para narasumber maupun pemateri kepada peserta yang dapat berperan sebagai wartawan di kampus yang memberitakan sumber-sumber berita kejadian secara jujur, kesatria dan bertangungjawab,” tutupnya.

Adelia Yulantasya selaku Ketua Pelaksana menjelaskan, selama kegiatan PJTD ini para peserta akan mendapatkan ilmu dasar tentang kejurnalistikan untuk menjadi bekal dalam menjalankan kegiatan di LPM Fitrah UMP.

“Bagi peserta untuk tetap mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir, karena materi yang akan disampaikan selama 3 hari nanti sangat bermanfaat untuk kita semua,” ujarnya.

Tujuan dari PJTD ini yaitu, untuk menambah potensi para peserta dibidang jurnalistik menuju Digitalisasi Multimedia, Transformasi Media di Era Pandemi.

“Harapan saya untuk acara PJTD ini semoga sukses hingga hari terakhir dan materi yang nanti diberikan oleh pemateri dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh peserta PJTD,” harapnya.

Pebri Hariyanti salah satu peserta PJTD mengatakan, materi yang disampaikan hari ini sangat berguna, namun ia kesulitan untuk memahami karena dilakukan secara online.

“Semoga kita, terlebih lebih saya bisa terus join sama LPM Fitrah UMP,” tutupnya.

Reporter: Anjasdn
Editor: Finessa