Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari COVID-19

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari COVID-19
Foto : Ilustrasi Net

LPMFITRAH.COM — Setelah virus Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dinaikkan statusnya oleh World Health Organization (WHO) menjadi pandemi, maka membuat kita semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Seluruh anggota dan organ tubuh, baik paru-paru, jantung dan sebagainya harus selalu dijaga kesehatannya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, kita akan memperoleh banyak manfaat. Selain tubuh menjadi lebih sehat, kita juga bisa terhindar dari virus, salah satunya virus COVID-19.

Dikutip dari https://m.detik.com/wolipop/health-and-diet/d-4943107/cara-menjaga-kesehatan-tubuh-saat-virus-corona-jadi-pandemi. Berikut ini sembilan cara menjaga kesehatan saat virus COVID-19 jadi pandemi, yaitu :

1. Rutin Mencuci Tangan

Cara mencuci tangan yang baik dan benar seperti yang disarankan oleh World Health Organization (WHO) adalah dengan menggunakan sabun dan air. Mencuci tangan lebih efektif untuk membersihkan tangan dari debu, kotoran, bakteri dan virus dibandingkan dengan menggunakan hand sanitizer. Pastikan kamu mencuci tangan sekitar 20 hingga 30 detik.

2. Bersihkan Area di Sekitarmu

Dengan membersihkan area di sekitarmu. Baik di rumah maupun di kantor, selalu pastikan area sekitarmu bersih. Kamu bisa menggunakan tisu disinfektan untuk mengelap meja, dapur, telepon dan permukaan-permukaan lainnya yang sering disentuh.

3. Jangan Menyentuh Permukaan yang Banyak Disentuh Orang Lain

Dengan meminimalisir sentuhan dengan permukaan yang sering tersentuh oleh orang lain. Permukaan yang berada di tempat umum dan seringkali disentuh orang banyak orang, seperti, gagang pintu kamar mandi, pagar, pegangan eskalator dan sebagainya berpotensi besar untuk menyebarkan virus dan bakteri ke tangan jika kamu menyentuhnya.

Oleh sebab itu sebisa mungkin hindari menyentuh secara langsung permukaan-permukaan tersebut. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan tissue sebagai penghalang antara tangan dengan permukaan yang akan disentuh.

4. Jangan Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Tangan yang kotor akan menyebabkan penyebaran virus dan bakteri. Jika kamu menyentuh mata, hidung atau mulut dengan tangan kotor maka virus dan bakteri tersebut akan masuk ke dalam tubuhmu.

5. Pertimbangkan Kembali Rencana Perjalanan atau Liburanmu

Perjalanan atau liburanmu untuk saat-saat ini. Terutama jika kamu berencana untuk pergi ke negara-negara yang terkena wabah COVID-19, alangkah lebih baik menundanya terlebih dahulu guna mencegah penularan virus tersebut.

6. Tetap Berada di Rumah Setelah Pulang dari Luar Negeri

Tetap berada di dalam rumah setelah pulang dari luar negeri, terutama jika negara yang baru saja kamu kunjungi adalah negara yang terserang COVID-19. Kamu harus mengisolasi diri setidaknya selama 14 hari di dalam rumah. Hal ini dikarenakan gejala dari virus COVID-19 baru terlihat setelah 2 hingga 14 hari setelah seseorang tertular. Oleh karena, itu cara menjaga kesehatan yang satu ini sangat penting untuk dilakukan untuk mencegah penyebaran.

7. Jangan Pergi ke Kantor Jika Merasa Sakit

Hal ini sangat berbahaya karena jika kamu memaksakan untuk pergi ke kantor maka bisa saja kamu menularkan penyakit pada orang lain atau justru kamu yang tertular penyakit dan menjadi lebih parah karena daya tahan tubuhmu sedang kurang stabil.

8. Pilih Dokter yang Berkualitas dan Terpercaya

Menemui dokter yang berkualitas dan terpercaya jika kamu merasa kurang sehat. Semakin cepat kamu memeriksakan diri ke dokter dan mendapatkan penanganan medis yang tepat maka semakin cepat juga kamu akan sembuh atau pulih.

9. Jangan Panik dan Cari Informasi yang Akurat

Mendengar banyak berita mengenai COVID-19 memang bisa menimbulkan kepanikan dan kekhawatiran, tapi cobalah untuk tidak panik. Kamu bisa mencari tahu lebih banyak mengenai virus Corona ini, agar kamu semakin paham. Namun tetap pastikan informasi-informasi yang kamu terima adalah informasi yang akurat dan dari sumber terpercaya.

Reporter : Tria Millenia