Upacara Memperingati Hari Pahlawan di BKB

Upacara Memperingati Hari Pahlawan di BKB

Saat para petugas pengibar bendera melakukan prosesi pengibaran bendera merah putih di Benteng Kota Besak (BKB), Minggu (10/11/2019). Fitrah Foto : Nur Triyani

LPMFITRAH.COM — Telah dilaksanakan upacara bendera merah putih dalam memperingati hari Pahlawan yang ke-74 yang diikuti dari berbagai Instansi Negara dan Perguruan Tinggi yang ada di Kota Palembang dengan mengusung tema “Hari Pahlawan sebagai Pemersatu Bangsa” bertempat di Benteng Kota Besak (BKB) Palembang, Minggu (10/11/2019).

10 November merupakan hari pahlawan yang ditetapkan sebagai hari Nasional melalui Keputusan Presiden (Keppres) No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959. Dimana pada tanggal 10 November tersebut seluruh rakyat Indonesia memperingati jasa pahlawan yang telah berjuang untuk bangsa Indonesia.

Inspektur upacara Letkol Arm Widodo Noercahyo menuturkan, bahwasanya pada tanggal 10 November adalah hari dimana diingatkan kembali saat pertempuran di Kota Surabaya yang menjadi salah satu momen penting bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

“Kita sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dapat membangkitkan kembali semangat yang berinovasi dan menjadi pahlawan masa kini,” tegasnya.

Satu diantaranya peserta upacara Eugenius Rudolfo Legi mengatakan, sebagai anak muda harus mempunyai rasa antusias dan semangat yang tinggi untuk mengikuti upacara seperti ini. Karena upacara merupakan bentuk rasa hormat untuk mengenang jasa para pahlawan-pahlawan yang sudah berjuang untul bangsa ini.

“Karena pemuda seperti kita harus mempunyai rasa antusias dan itu dimulai dari diri kita sendiri,” ujar mahasiswa Universitas Katolik Musi Charitas.

Reporter : Nur Triyani
Editor : Tria Millenia