Danmenwa Mahawijaya : Menwa Perkuat Bangsa dan Negara

Danmenwa Mahawijaya : Menwa Perkuat Bangsa dan Negara

Pemberian Cindramata dari Danmenwa Mahawijaya kepada Wakil Rektor ||| UMP Sabtu (22/06/2019). Fitrahfoto: Agung ap

LPMFITRAH.COM — Sarasehan adalah pertemuan atau diskusi yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat prasaran para ahli mengenai suatu masalah dalam bidang tertentu.

Itulah yang membuat Komando Resimen Mahasiswa se-Sumatera Selatan (Sumsel) mengadakan Sarasehan Menwa Mahawijaya dalam pemberdayaan wilayah pertahanan di Provinsi Sumatera Selatan tahun 2019.

Dengan tema “Meningkatkan Semangat Bela Negara dan Mewujudkan Pertahanan Negara yang Tangguh dan Revitalisasi Patriotisme untuk Bangsa Negara” acara tersebut berlangsung di Aula KH. Ahmad Dahlan Fakultas Kedokteran kampus B UMP Sabtu, (23/06/2019).

Sarasehan tersebut dihadiri oleh Danmenwa Mahawijaya Rano Karno, Wakil Rektor III Dr.Ir. Mukhtarudin Muchsiri,M.P beserta staf , Menwa se-Sumsel beserta Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM) yang berada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP). Selain Danmenwa, sarasehan juga diisi oleh Ka Kanwil Menteri Pertahanan (MENHAN) Provinsi Sumsel (Jepri Buang) sebagai pemateri.

Danmenwa Mahawijaya Rano Karno menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan semangat anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) sikap disiplin dan tanggung jawab untuk memperkuat bangsa dan negara disamping menjalankan kegiatan sehari-hari sebagai mahasiswa dan kembali memahami jati diri kita sebagai menwa yang telat melewati proses pendidikan kemiliteran.

“Memperbarui ulang semangat patriotisme dan nasionalisme para prajurit-prajurit menwa,”tuturnya.

Ia juga mengungkapkan, nantinya pada 2019 sekitar bulan Oktober atau November anggota baru menwa akan menjalankan pendidikan dasar di Kodam || Sriwijaya Muara Enim.

“Tak lain tujuan dari terbentuknya Menwa adalah untuk memperkuat bangsa dan negara,”jelasnya.

Menanggapi hal itu Wakil Rektor III Dr.Ir. Mukhtarudin Muchsiri,M.P mengatakan, cinta tanah air dan bangsa adalah sesuatu dari iman. Sebagai anak bangsa harus menjunjung tinggi jiwa patriotisme dan juga mahasiswa harus kritis menjadi mahasiswa agent of change.

“Ayo kita sama-sama memperjuangkan dan menumbuh kembangkan lagi rasa bela negara,”ungkapnya.

Di penyampaian materi, Ka Kanwil MENHAN Prov Sumsel (Jepri Buang) menjelaskan, untuk menjadi seorang pemimpin harus visioner kreatif dan komitmen apa yang ia jalankan dan kosisten serta tanggung jawab apa yang diperbuat.

“Dalam membangun sistem pertahanan sejak dini menwa memiliki potensi untuk mengisi komponen cadangan tersebut,tapi belum ada pembahasan dari pihak atas,”paparnya.

Reporter: Habib dr
Editor : Rika Oktarina