26 Mahasiswa Ikut Program Ke Luar Negeri

26 Mahasiswa Ikut Program Ke Luar Negeri

Foto bersama seluruh peserta Program Internasional dengan Wakil Rektor I Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd. usai mengikuti pembekalan. FitrahFoto : AnjasDn

 

LPMFITRAH.COM — Sebanyak 26  mahasiswa terdiri dari Fakultas Hukum dan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris mengikuti Pembekalan Program Internasional, Selasa (11/6/2019). Pembekalan tersebut diadakan oleh Lembaga Bahasa dan Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Muhammadiyah  Palembang (UMP) bertempat di Aula Kantor Pusat Administrasi (KPA).

Rini Susanti, S.Pd.,M.A Kepala Lembaga Bahasa dan KUI menjelaskan, ada beberapa Program Internasional yang diikuti oleh 26 mahasiswa tersebut. Diantaranya Summer Camp Beijing diikuti oleh Mahasiswa Fakultas Hukum. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Thailand diikuti mahasiswa Prodi Bahasa Inggris serta Mahasiswa Fakultas Hukum yang magang di Kedutaan Bangkok, Kuala Lumpur dan Johor Bahru Malaysia.

“Untuk Summer Camp terdiri 2 orang, PPL 16 orang dan Magang Internasional KBRI Bangkok terbagi 3 tempat yaitu Bangkok, Kuala Lumpur, dan Johor Bahru dengan jumlah 10 orang peserta,” jelasnya.

Menanggapi hal itu Prof. Dr. Indawan, M.Pd. Wakil Rektor I UMP menuturkan, kegiatan tersebut secara kurikulum ada setiap tahunnya. Melalui kegiatan seperti itu fakultas dan prodi membuat mahasiswa lebih berkompeten dan dapat bersaing secara global.

“Untuk mahasiswa yang pergi nanti bisa mencari relasi sebanyak mungkin. Sehingga dapat menjadi pegangan mereka untuk kedepan,” tuturnya.

Saparyanto salah seorang mahasiswa yang terpilih mengikuti Summer Camp mengungkapkan, Summer Camp adalah kegiatan pertukaran mahasiswa yang berkaitan dengan budaya khususnya tentang perkembangan global.

“Seleksi untuk megikuti Summer Camp sangat ketat dimana berlangsung selama 7 hari dengan diuji berbagai kemampuan,” ujar mahasiswa FH semester 6 itu.

Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan tersebut berlangsung selama 13 hari. Mulai dari 7 sampai 19 Juli 2019 mendatang dan Sebanyak 19 mahasiswa  mewakili Indonesia mengikuti kegiatan itu. 2 diantaranya perwakilan dari Sumatera Selatan yaitu Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP).

“Kegiatan itu sangat bermanfaat apalagi di zaman modern seperti sekarang, hubungan internasional sangat dibutuhkan,” ungkapnya.

Salah seorang mahasiswa PPL Internasional Deka Nura Safitri menjelaskan, Praktek Pengalaman Lapanagan (PPL) Internasional tahun ini berlangsung selama 3 bulan karena digabung dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

“PPL dimulai dari tanggal 9 Juli sampai dengan 9 Oktober 2019,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, ada 16 orang yang ikut PPL Internasional tersebut dan akan dibagi 5 kelompok untuk mengajar 5 sekolah yang terletak di Thailand Selatan.

“Yang disiapkan mulai dari kesehatan, paspor, visa masih dalam proses, media pembelajaran dan sedikit belajar tentang bahasa Thailand,” ungkap Deka.

Reporter : Habib Dhia Rabbani
Editor : Tria Millenia