Mahasiswa/i UMP Wajib Ikuti Tes TOEFL

Mahasiswa/i UMP Wajib Ikuti Tes TOEFL

Mahasiswa sedang mengisi lembar ujian tes TOEFL di kelas Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP), Minggu (26/5/2019). FitrahFoto : HabibDr

 

LPMFITRAH.COM— Test of English as a Foreign Language (TOEFL) adalah tes kemampuan Bahasa Inggris bagi penutur asing (non Bahasa Inggris) yang sertifikatnya diakui diribuan institusi pendidikan dan industri di 90 negara.

Sehingga membuat Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) untuk menyelengarakan TOEFL di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Minggu (26/5/2019).

Kepala Lembaga Bahasa, Rini Susanti, S.Pd., M.A menjelaskan, pada penyelengaraan kedua tes TOEFL tersebut diikuti oleh 352 Mahasiswa/i dari berbagai fakultas dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa serta pemetaan dalam berbahasa inggris yang dimiliki mahasiswa/i UMP.

“Pada tes gelombang pertama 9 Desember 2018 diikuti oleh 1162 mahasiswa/i UMP sedangkan gelombang kedua 352,” paparnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, tes TOEFL tersebut dikhususkan untuk mahasiswa semester satu agar mereka bisa mengetahui kemampuannya dalam berbahasa Inggris, sedangkan untuk mahasiswa semester lanjut lebih dikhsususkan pada saat ia mengikuti ujian komprehensif.

“Sebenarnya¬† tes TOEFL ini diadakan pada bulan Maret tapi belum bisa terlaksana karena masih kekurangan pendaftar, jadi di pindahkan di bulan Mei,” jelasnya.

Melinda Sari salah seorang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) mengatakan, dengan adanya tes TOEFL tersebut bisa membuat ia akan mengetahui kemampuannya dimana dan apa saja yang kurang di Bahasa Inggris.

“Baru pertama kali ini untuk mengikuti tes TOEFL, jadi perasaan gugup masih ada walaupun sedikit,” tuturnya mahasiswa semester dua tersebut.

Reporter : Habib Dhia Rabbani
Editor : Tria Millenia