Silat Tidak Mengenal Usia, Begini Tipsnya

Silat Tidak Mengenal Usia, Begini Tipsnya

Pendekar Utama (PUA) Zulkifli Munzir saat beratraksi di depan calon-calon pendekar Pesilat di Gedung Auditorium PWM Sumsel, Kamis (2/5/2019) FitrahFoto : IftitahDewa

LPMFITRAH.COM — Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) mengadakan UMP Championship 2019 yang bertemakan “Membangun Pesilat Sumsel yang Profesionalitas dan Berkarakter” yang berlangsung di Gedung Auditorium UMP, Kamis (2/5/2019).

Ranggawuni Ahdan selaku Pemimpin Umum mengatakan, terimakasih untuk panitia-panita UMPC dan sponsor-sponsor yang sudah mensponsori, karena berkat kerjasamanya pertandingan tersebut terlaksana dengan baik.

“Dengan diadakannya pertandingan kejuaraan ini, semoga akan melahirkan atlet-atlet yang berprestasi ditingkat Nasional maupun Internasional dan jagalah sportifitasmu,” harapnya.

Acara tersebut dibuka langsung Wakil Rektor III UMP, Dr. Ir. Mukhtaruddin Muchsiri, M.P. mengatakan, semoga para petarung pesilat pertandingan bisa bertanding dengan sportif dan satria. Juara-juara yang satria tidak akan menjadi orang-orang yang curang dan bohong, tetapi akan menjadi orang yang jujur dan berakhlak baik.

“Bukanlah kemenangan bukanlah kekuatan karena menang bertarung, bahwa kemenangan itu adalah menahan nafsu amarah,” pungkasnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, pertandingan UMPC 2019 untuk melatih menuju kemenangan yang hakiki dan menahan nafsu yang kuat, sehingga menjadi pendekar yang sesungguhnya.

Zulkifli Munzir (79) Pendekar Utama (PUA) mengungkapkan, pesilat tidak mengenal usia maupun fisik. Sehingga setiap melakukan kegiatan harus ikhlas, karena orang ikhlas tidak mempunyai beban dan setiap ingin mengalahkan musuh yaitu dengan iman dan akhlak.

“Karena segala pekerjaan yang kita lakukan hanya untuk Allah, biarpun kita dilupakan orang tetapi Allah tetap mengingat kita dan untuk menjadi pendekar harus tahu bagaimana tidak dipukul, sehingga kita harus mengalahkan hawa nafsu terlebih dahulu supaya tidak dipukul,” tuturnya.
 
Lebih lanjut ia mengatakan, tips hidup sehat yaitu dengan cara tidak merokok. Karena sangat membantu tubuh untuk tetap sehat jasmani dan rohani.

“Merokok itu tidak baik untuknya,” pungkasnya saat diwawancarai Reporter LPM Fitrah UMP.

Reporter: Tria Millenia
Editor: Rika Oktarina