Bantu Sesama, KSR PMI Gelar Donor Darah

Bantu Sesama, KSR PMI Gelar Donor Darah

Peserta donor darah saat dicek kesehatannya oleh petugas dari Stikes Muhammadiyah Palembang di Halaman masjid Al-Hikmah, Selasa (30/4/2019). FitrahFoto : Pebri

LPMFITRAH.COM — Penyumbang darah atau pendonor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah.

Itulah yang membuat anggota Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) mengadakan acara Donor Darah, Selasa (30/4/2019)

Acara tersebut dimulai dari pukul 08.00 hingga12.00 WIB dan menargetkan 30 pendonor.

Pebrian Satria selaku Ketua Pelaksana mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan pertama Anggota Muda (AM) KSR UMP, dikarenakan kegiatan donor danah tersebut yang paling mudah diselenggarakan.

“Waktu yang kita miliki sangat terbatas sedangkan untuk membuat acara yang lain membutuhkan waktu yang panjang, untuk itu kita memilih membuat acara donor darah ini,” jelasnya.

Rio Ardianstah selaku Ketua Umum KSR UMP mengatakan, tujuan diadakan kegiatan donor darah tersebut untuk membantu dan menolong orang yang membutuhkan.

“Kalau tidak memenuhi syarat, tidak bisa untuk ikut donor,” katanya.

Lebih lanjut ia menambahkan, syarat untuk pendonor minimal 17 tahun dan berat badan 45 Kg. Sehingga calon pendonor akan dicek dulu apakah bisa menjadi pendonor atau tidak.

Delli Herisandi selaku pendonor mengatakan, kegiatan donor darah berjalan dengan baik dan informasinya juga cukup jelas sehingga mudah dijangkau.

“Ini pertama kalinya saya mendonor dan rasanya setelah donor tubuh menjadi lebih fresh walaupun ada rasa sedikit sakit pada saat disuntik,” ujarnya.

Reporter : Muhammad Pebriansyah
Editor : Tria Millenia