Ini Angkatan Tunas Apta LPM Fitrah UMP

Ini Angkatan Tunas Apta LPM Fitrah UMP

Para Anggota Tetap (AT) yang baru saja dilantik usai menjalani pendidikan dan Pelatihan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Fitrah Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) di SMK N I Gelumbang, Minggu (7/4/2019) FitrahFoto : Aris

LPMFITRAH.COM– Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Fitrah Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) menggelar pendidikan dan pelatihan tingkat II, Senin (8/4/2019).

Hasilnya, Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak di bidang jurnalistik tersebut berhasil melantik 14 orang Anggota Tetap (AT).

Ke 14 orang yang terdiri dari 6 wanita dan 8 pria dari berbagai jurusan di kampus UMP itu, diharapkan dapat memegang tampuk kepemimpinan organisasi selanjutnya.

“Ke 14 anggota tetap yang dilantik tahun ini diberi nama Angkatan Tunas Apta (ATA) dengan makna selalu memiliki kecerdasan yang terus tumbuh, sesuai dengan harapan kami,” ujar Pemimpin Umum LPM Fitrah UMP M.Ardiansyah.

Mereka diberi beberapa bekal di bidang jurnalistik, organisasi serta untuk terjun ke masyarakat luas.

“Tidak mudah mendidik mereka agar sadar akan tugas dan kewajiban. Untuk itulah kita menggelar pendidikan selama beberapa hari ini, agar mereka memiliki basic untuk berorganisasi disamping memiliki soft skill,” tambah Ardi.

Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari, dimulai dari Kamis hingga Minggu.

Dimana sebelumnya, para peserta diberi materi di SMK N I Gelumbang Kabupaten Muara Enim.

Organisasi Mahasiswa sejenis LPM Fitrah ini sebenarnya sangat penting untuk diikuti oleh mahasiswa.

Sebab di dalamnya tidak hanya melulu masalah jurnalistik dan bagaimana menjadi seorang pewarta, namun juga tentang soft-skill dan bagaimana mendapatkan kemampuan dan keahlian di luar ilmu akademik kampus.

Mulai dari bagaimana bertata-krama, teknik mendapatkan informasi sampai dengan mengubah mindset ke arah yang positif.

Memang di sisi lain, mereka juga memiliki kewajiban untuk mengembangkan organisasi tersebut ke arah jurnalistik seperti bagaimana memproduksi terbitan majalah,tabloid, dan buletin serta berita online hingga membuat video jurnalistik. (Rika Oktarina)