Tips Mencegah Hipotermia Saat Mendaki Gunung

Tips Mencegah Hipotermia Saat Mendaki Gunung

foto : ilustrasi net

LPMFITRAH.COM-Hipotermia adalah kondisi dimana mekanisme tubuh mengalami drop dan kesulitan saat upaya pengaturan suhu tubuh dalam mengatasi tekanan suhu dingin disekitarnya.

Hipotermia terjadi ketika suhu tubuh inti manusia jatuh jauh dibawah suhu tubuh normalnya. Hal ini dapat dengan mudah menimpa orang yang bila terkena angin dingin atau dalam keadaan basah yang terlalu lama. Kondisi ini sering dijumpai khususnya oleh para pendaki gunung.

Gejala awal penderita, saat suhu tubuh mulai menurun drastis, ia akan menggigil sebagai bentuk upaya tubuh menghangatkan diri, setelah itu tiba dimana tubuh kehilangan banyak energi, hingga batas energi penderita habis lalu memasuki fase kritis, saat-saat dimana jika tak tertolong bisa berakhir kepada kematian.

Dikutip dari hellosehat.com berikut tips menghindari hipotermia saat mendaki gunung :

1.Selalu membawa jas hujan dalam pendakian. Pakaian yang basah membuat Anda gampang terkena hipotermia.

2.Gunakan pakaian yang tebal dan hangat. Jika ada, gunakan jaket wind-breaker untuk mengurangi panas tubuh yang hilang karena angin.

3.Gunakan sarung tangan, kaus kaki, syal, atau kupluk selama pendakian.

4.Makan dan minum hangat untuk menjaga tubuh agar tetap hangat.

5.Lakukan pemanasan, dan jangan berdiam diri saja, terutama saat berada di tempat dingin, agar panas tubuh tetap terjaga.

Penulis : Elvin