Ventilasi Teknologi di Era 4.0

Ventilasi Teknologi di Era 4.0

Foto Revolusi Industri 4.0. Dok: engineersjournal.ie

 

LPMFITRAH.COM–Perkembangan teknologi semakin hari semakin canggih beriringan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan yang ada di dunia. Kemajuan teknologi masa kini benar-benar memberikan perubahan yang sangat besar, masyarakat mendapatkan banyak kemudahan-kemudahan dengan adanya teknologi yang mempuni.

Gaung mengenai Indonesia tengah memasuki era Revolusi Industri 4.0 yang sedang ramai di perbincangkan dunia, di mana teknologi semakin canggih dan dengan bertambah canggihnya teknologi di zaman sekarang tidak sedikit orang-orang yang mengalami kesulitan dikarenakan segala hal di masa kini serba berbasis online. Kemunculan era 4.0 sendiri dapat kita sadari dengan kemunculan superkomputer, robot pintar yang di mana semua ini dapat membawa perubahan yang sangat besar bagi dunia, Sehingga, kita akan merasa lebih tertantang dalam menghadapi era 4.0 nantinya.

Kehadiran era 4.0 ini juga membawa dampak untuk masyarakat Indonesia baik itu dampak yang buruk maupun dampak yang baik. Salah satu contohnya media cetak surat kabar (koran) yang sekarang sudah dihentikan fungsinya oleh media-media online yang di mana lebih mampu memberikan segala yang hal manusia inginkan. Selain itu dampak baiknya sendiri ialah berkat perkembangan teknologi internet sudah mengubah pola pikir bangsa Indonesia yang dulunya primitif sekarang sudah beransur-ansur menjadi masyarakat yang modern serta dapat menjalankan segala hal dengan mudahnya menggunakan internet dengan begitu internet tidak hanya memberi dapak negatif namun juga banyak memberikan dampak  positif.

Di dalam kehidupan sehari-hari kita dapat mengambil contoh seperti penjualan online atau yang sekarang lebih kita kenal dengan online shop, sudah menggunakan kecanggihan internet dengan bentuk media sosial, pendaftaran untuk masuk perguruan tinggi juga sudah meggunakan sistem berbasis online, bahkan pada tahun 2018 sekarang kita sudah bisa memesan makanan dengan cara online, bukankah sangat berkembang bukan teknologi yang sekarang ada di Indonesia. Dapat dikatakan 85% aktifitas masyarakat di Indonesia sekarang sudah memanfaatkan teknologi internet bahkan sekarang masyarakat yang berada di pelosok desa sudah mulai dapat mengakses internet, ditandai dengan warnet yang mulai bermunculan dibelahan daerah yang ada di Indonesia.

Dengan berkembangnya teknologi yang ada di Indonesia, banyak peluang-peluang bisnis yang bermunculan yang mana transaksi-transaksi yang dilakukan secara elektronika. Internet banyak membantu kita sehingga dapat berinteraksi, berkomunikasi bahkan dapat melakukan perdagangan dengan orang lain dari berbagai penjuru dunia dengan sangat murah, cepat dan gampang, sehingga penggunaan internet di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun.

Dengan adanya peningkatan penggunaan teknologi di Indonesia, memberi banyak dampak ataupun pengaruh seperti di bidang sosial, pendidikan dan politik adapun pengaruh tersebut ialah;

1.Sosial

Masyarakat merupakan sekelompok orang yang hidup bersama, senang berkumpul, mengobrol, nongkrong dan lain-lain. Hal itu menandakan, manusia adalah makhluk sosial yang sangat bergantung pada manusia lainnya. Di zaman yang mana teknologi semakin canggih mengakibatkan pola kehidupan masyarakat yang ada menjadi berubah, banyak terdapat kesenjangan-kesenjangan yang terjadi. Kehidupan sosial masyarakat seperti sekarang sudah sangat sulit dipisahkan dengan teknologi masa kini.

2. Pendidikan

Perkembangan teknologi dibidang pendidikan membawa dampak yang sangat menguntungkan, tentunya  dengan kecanggihan teknologi di masa sekarang tenaga pendidik dan siswa mampu mencari informasi dan ilmu pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi yang ada, sehingga mampu mengembangkan kemampuan yang mereka miliki. Membawa dampak yang baik untuk para guru.  Dimana para guru mampu mengembangkan media, model, metode pembelajaran guna menunjang keberhasilan proses belajar mengajar di kelas nantinya. Mempermudah untuk mendapatkan ilmu, mendapatkan informasi atau sumber belajar dari internet sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja sewaktu-waktu jika dibutuhkan. Namun yang sangat disayangkan, kemajuan teknologi hanya dapat dirasakan oleh mereka yang berada di perkotaan saja tidak dapat dirasakan secara merata bagi mereka yang berlokasi di pelosok atau pedalaman. Banyak kemajuan-kemajuan yang terjadi di perkotaan yang sudah memanfaatkan teknologi di masa kini, sedangkan di daerah pedesaan perkembangan teknologi belum berkembang, bahkan ada yang belum mendapat fasiltas teknologi yang memadai, seperti masih belum tersedianya komputer, laboratorium dan fasilititas lainnya.

Dengan belum tersebar meratanya teknologi di dunia pendidikan, nantinya akan berdampak yang tidak baik sedangkan kita ketahui bersama bahwa teknologi itu sangat besar peranannya di dunia pendidikan bagaimana nantinya akan menciptakan penerus yang mampu berkompetisi sedangkan fasilitas teknologi saja masih kurang memadai bahkan belum tersedia.

3. Politik

Politik merupakan kebutuhan bagi setiap manusia, sehingga dalam politik memerlukan keterampilan berkomunkasi. Dengan adanya teknologi maka kegiatan politik dapat berjalan dengan mudah, cepat, dan efisien. Banyak dampak positif maupun dampak negatif yang hadir di dalam dunia politik. Dimana salah satu dampak positifnya dengan adanya perkembangan teknologi ialah masyarakat akan dengan mudah menyampaikan aspirasinya atau pendapatnya dengan leluasa.

Salah satu pemanfaat teknologi dibidang politik ialah penggunaan quick count atau yang lebih kita kenal dengan perhitungan suara cepat, dengan adanya quick count tersebut yang memudahkan kita apabila dilaksanakannya pemilu maka kita dapat melakukan perhitungan suara ratusan orang di Indonesia dengan cepat dan akurat.

 

Penulis : Pipi Jaswanti