6 Manfaat Tertawa bagi Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Tertawa bagi Kesehatan Tubuh

Foto : Pixabay/Grayerbaby

LPMFITRAH.COM_Pepatah lama mengatakan, “Tertawalah sebelum dilarang”. Meski hanya kata-kata kiasan, tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya ada banyak manfaat tertawa bagi kesehatan? Tak cuma baik bagi mental, tapi juga kesehatan fisik. Lantas, apa saja yang bisa kita dapatkan ?

Di lansir dari student.cnnindonesia.com pada Kamis (14/6/18) para ahli medis mengatakan, tertawa sebenarnya memiliki dampak besar untuk setiap organ penting dalam tubuh manusia. Tertawa dapat mengurangi ketegangan karen mampu membuat jaringan-jaringan di dalam tubuh menjadi santai. Dibanding dengan tersenyum, gerakan tubuh saat tertawa akan lebih banyak sehingga membantu membakar kalori dan membuat sistem cardio tubuh menjadi aktif.

Berikut 6 manfaat tertawa bagi kesehatan tubuh manusia :

1. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kondisi stres yang kita alami bisa menyebabkan reaksi kimia dalam tubuh yang bisa menurunkan kekebalan tubuh, sehingga kemungkinan jatuh sakit sangat besar. Tertawa adalah salah satu bahan bakar sistem kekebalan tubuh yang hangat, dengan kekuatannya yang besar akan melawan penyakit dan membantu kita tetap sehat dan enerjik.

2. Meningkatkan Kesehatan Pernafasan

Tertawa dapat membuat paru-paru menghirup udara segar masuk sehingga membantu kita bernapas lebih dalam. Orang-orang yang suka tertawa secara tidak sengaja dapat meregangkan paru-paru dan meningkatkan denyut jantung sehingga dapat menghidupkan kembali seluruh tubuh mereka ketika tertawa. Hal tersebut sama dengan percikan sejuk, untuk meremajakan system pernafasan.

3. Meringankan Rasa Sakit

Manfaat tertawa kali ini sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian, Salah satunya penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Swiss, yang membuktikan bahwa tertawa 20 menit saja bisa meningkatkan toleransi tubuh terhadap rasa sakit. hal ini disebabkan karena saat tertawa kita menghasilkan Hormon Endorfin, yang membuat otot-otot mengendur dan rileks secara alami. Hal ini, membuat rasa sakit yang dirasakan akhirnya berkurang.

4. Menyehatkan Jantung

Sebuah penelitian menemukan bahwa, tertawa dapat meningkatkan produksi oksigen di dalam peredaran darah. Ketika tertawa, tubuh secara alami juga akan melepaskan hormon endorfin yang dikenal sebagai hormon pemberi rasa bahagia. Tertawa juga sudah terbukti dapat memberikan manfaat yang baik pada jantung, hal ini sama seperti ketika kita melakukan olahraga aerobik.

5. Meningkatkan Memori Otak

Ketika tertawa, tanpa sadar kita akan menghirup banyak oksigen. Hal ini akan memberi pengaruh baik pada sel-sel otak, sehingga kemampuan memori otak serta keterampilan motorik akan meningkat.

6. Melancarkan Aliran darah

Orang yang sedang marah akan menyebabkan aliran darahnya menjadi terganggu sehingga bisa memicu tekanan darah. Anda mungkin sering mendengar “Jangan sering marah marah nanti tekanan darahnya naik”. Secara medis emosi yang berlebihan bisa meningkatkan resiko tekanan darah menjadi naik. Sebaliknya tertawa akan menyebabkan aliran darah menjadi lancar sehingga kebutuhan tubuh akan darah bisa terpenuhi.

Itulah 6 manfaat tertawa bagi kesehatan tubuh yang belum banyak diketahui. Selamat mencoba.

Penulis : M.Agus Rajenang
Editor : Rika Oktarina
Sumber : carakhasiatmanfaat.com
halomoney.co.id
hellosehat.com
halodoc.com
hipwee.com