Catut Nama Dekan UMP, Mahasiswa Nyaris Tertipu

Catut Nama Dekan UMP, Mahasiswa Nyaris Tertipu

Ilustrasi (google.com)

LPMFITRAH.COM — Modus penipuan melalui layanan Short Message Service (SMS) sepertinya masih menjadi alat yang pas bagi para penipu. Tak terkecuali oleh oknum tak bertanggung jawab di Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP).

Kali ini, modus penipuannya ialah dengan mengatas namakan Dekan beberapa Fakultas. Seperti diantaranya nama Fauzi Ridwan, M.M, selaku dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Drs. Abu Hanifah, M.Hum, selaku Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) yang turut dicatut.

Oknum itu meminta mahasiswa yang menerima sms untuk menghadiri seminar yang ada di Jakarta mewakili kampus, bersama dekan fakultasnya masing-masing. Dengan iming-iming uang transport dan akomodasi ditanggung penyelenggara, mereka meminta calon peserta tadi untuk menelfon nomor yang telah dicantumkan.

“Ass.Wr.Wb. Siang Saya, Drs. Abu Hanifah, M.Hum.,(DEKAN FAI/UM PALEMBANG), Ada Undangan “SEMINAR NASIONAL” Peningkatan Mutu & Kinerja Tenaga Kependidikan, Dari KEMENRISTEK DIKTI Utk Yth Oki Safitri ,(Mhs/ FAI),Yg Akan Mendampingi Sy Dgn No.Peserta 9998577,Yg Akan Diselenggarakan Di Hotel Grand Cempaka JKT. Pada Tgl : 22-23 Mei 2017, Biaya Transportasi & Akomodasi Ditanggung Pihak Penyelenggara, 7Jt/ Peserta Utk Penerimaan Dana Harap Dihub. Ketua Panitia Di DIKTI : Prof.Siswanto,MM, Di 082327280717, Dihub Skrg Jg, Maaf Bpk Hanya Sempat Sms Skrg Sy Ada Acara Diluar Kota Jd Undangannya Bisa Diambil Hari Selasa,” begitu bunyi pesan yang diterima oleh Oki, Senin (14/05).

Ia sedikit heran dengan undangan itu karena selain dikirim oleh orang yang tak dikenal, Ia juga tak merasa telah dipanggil oleh pihak dekanat sebelumnya.

Aku tekejut bae tibo-tibo aku dapet undangan untuk melok seminar ke Jakarta. Ditambah lagi bakal dapet transport dari panitia,(-Red)” kata mahasiswi semester VI tersebut.

Namun setelah dikonfirmasi, Drs. Abu Hanifah, M.Hum, selaku Dekan FAI dan Fauzi Ridwan M.M, selaku dekan FEB membantah hal itu. Pihak fakultas sendiri sudah membuat surat edaran terkait peristiwa tersebut dan bersyukur karena mahasiswa tidak langsung percaya sms hoax tersebut .

“Alhamdulillah mahasiswa sekarang cerdas dan bijak dalam menerima informasi, sehingga sejauh ini belum dan jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan, ” tutur Dekan FEB saat di temui di ruang kerja Dekan rabu (17/05) kemarin.

Ditambahkan Abu Hanifah Dekan FAI, kejadian yang mengatasnamakan sesorang marak terjadi di kalangan masyarakat tak terkecuali pada mahasiswa. Namun kita sebagai mahasiwa harus harus berfikir realistis dalam menyikapi segala seuatu sebelum bertindak,  agar tidak terjebak oleh pelaku penipuan.

“Sebagai mahasiswa kita harus menggunakan nalar dalam menyikapi segala sesuatunya, jika memang ada informasi dari fakultas tentu akan diberitahukan secara tertulis pada papan pengumuman,” pungkasnya

Reporter : Falasifah Jamil

Editor : wmc002