Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) saat menyampaikan orasi pada sabtu (03/12) di simpang Taman Polda Sumsel. (Fotografer : Aris)
Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) saat menyampaikan orasi pada sabtu (03/12) di simpang Taman Polda Sumsel. (Fotografer : Aris)

lpmfitrah.com – Sebanyak 250 Pelajar yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) se-Kota Palembang turun ke jalan melakukan Aksi Solidaritas Peduli Rohingya di kawasan Simpang Taman Polda Palembang Sumatera Selata , sabtu (03/12)

Dari pantauan reporter lpmfitrah.com dalam orasinya mereka menyampaikan beberapa tuntutan atas tragedi kemanusiaan yang menimpa Entnis Rohinya. Dimana Entis tersebut merupakan penganut agama islam minoritas di Negara Bagian Arakan Myanmar.

Masa yang memulai aksinya sejak pukul 13.45 tersebut meminta agar Pemerintah menegakan Hak Asasi Manusia (HAM) seadil-adilnya, serta menyediakan tempat pengungsian bagi Etnis Rohingya.

“Sebagai Negara dengan Umat Muslim mayoritas, kami meminta kepada Pemerintah Indonesia untuk membantu umat muslim minoritas yang tengah ditimpa musibah, dimana saat ini mereka sedang mendapat penindasan bahkan pengusiran dari tempat mereka tinggal” kata M.Aditya Salam selaku Koordinator Aksi.

Selain itu dalam tuntutannya mereka mendesak Indonesia memutuskan hubungan diplomasi dengan Negara Myanmar, Selain itu menuntut agar menyediakan fasilitas pendidikan bagi anak-anak pengungsi Etnis Rohingya.

“Kasain mereka, karena tragedi yang menimpa etnis tersebut saat ini, anak-anak disana susah atau bahkan tidak dapat menerima¬† pendidikan yang layak” tuturnya lagi.

Disamping menyampaikan orasi dan aksi teatrikal, diantara masa yang menyampaikan aksi menysisir pengendara yang lewat untuk penggalangan dana yang akan¬† disumbagkan kepada kaum Rohingya melalui Lembaga Amil Zakat Infak dan Sadakoh Muhammadiyah (LAZISMU). Setelah melakukan orasi serta penggalangan dana, aksi tersebut ditutup dengan do’a bersama lalu mereka membubarkan diri dengan tertib.

Penulis : wmc002

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *