Duplikasi Naga yang diletakan di pelataran Benteng Kuto Besak Palembang saat GMT
Duplikasi Naga yang diletakan di pelataran Benteng Kuto Besak Palembang saat GMT

lpmfitrah.com- Peristiwa hilangnya matahari beberapa saat atau yang biasa dikenal dengan Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi puluhan tahun atau bahkan ratusan tahun sekali. Fenomena alam yang sangat langka ini terkadang masyarakat menilainya dengan suatu mitos. misalnya kepercayaan masyarakat China. Disana ada sebuah mitos yang mengatakan peristiwa GMT terjadi karena matahari dimakan oleh naga.

Berdasarkan mitos tersebut tercetuslah sebuah ide dari SMK N 7 Palembang untuk membuat karya seni berbentuk patung Naga yang bertepatan dengan festival GMT di Benteng Kuto Besak Palembang (BKB), Rabu (9/3). Bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Palembang. Disamping meramaikan festival GMT karya seni berbentuk patung tersebut bertujuan untuk mengingatkan masyarakat dalam menyambut ASEAN Games yang ke 18.

Dikatakan Drs. Amrizal, koordinator pembuatan karya seni berbentuk patung, bahwa disesuaikan dengan perayaan ASEAN Games yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 karya seni berbentuk Naga tersebut dibuat dengan ukuran 18 meter dan tinggi 4,5 meter. Dalam waktu pembuatannya membutuhkan 5 minggu dengan melibatkan 20 orang siswa dan 4 orang guru pembimbing. Selama masa pembuatan karya seni berbentuk patung tersebut memakan dana sebesar 25 juta rupiah.
“Saya mewakili rekan-rekan dan siswa SMK 7 berharap setelah selesai acarai di BKB ini akan ada pihak sponsor untuk menjadikan karya seni kami ini menjadi monumental berupa patung, agar karya seni ini tidak akan lenyap begitu saja,” harapnya.

Disisi lain salah seorang pengunjung, Fitri Rahayu mengatakan pameran karya seni berbentuk patung naga tersebut begitu bagus dan menarik.
“Ini merupakan karya seni yang cukup kreatif dengan tampilan warna yang begitu indah dipandang,” kata ¬†mahasiswa Universitas PGRI Palembang.

Penulis : Ikral

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *